Thinking

Bersihkan Karpet Anda Sekarang Juga, Agar Tidak Terjangkit Penyakit Ini

Karpet kini menjadi aksesoris pemanis wajib yang ada dirumah/apartemen

Beberapa kali kami melakukan riset terhadap konsep interior rumah atau apartemen, sebagian besar diantaranya mengaplikasikan karpet sebagai salah satu aksesoris yang mampu membuat suasana ruangan lebih dominan. sebut saja ruang tamu, ketika diaplilkasikan menggunakan karpet yang berbahan beludru atau wool, maka seketika ruang tamu tadi akan terasa hangat.

Karpet terbuat dari bahan serat sintetik atau alami dengan ukuran yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan dekorasi ruang. Biasanya karpet memiliki berbagai macam motif dan warna yang mampu mendukung kesan “mempercantik” suasana yang dihias menggunakan karpet tersebut. Penggunaan karpet tidak hanya sampai hanya sebagai aksesoris, karpet juga bisa berfungsi sebagai penghangat dan mencegah udara dingin dari lantai melakukan kontak langsung dengan tubuh, dalam hal ini telapak kaki atau tubuh kita yang memiliki kebiasaan untuk “goleran” (berbaring.red).

Namun karena seratnya yang berukuran rapat dan halus, menjadikan karpet surga bagi tungau dan debu ketika anda tidak sering melakukan pembersihan. Beberapa penyakit berbahaya bahkan bisa muncul dari karpet, berikut ini adalah macam-macam penyakit berbahaya tersebut :

Alergi Kulit dan Pernapasan

Alergi merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat modern saat ini. Bukan tanpa alasan, perilaku hidup yang tidak sehat menjadikan orang-orang mudah terjangkit alergi. Dan alergi yang paling umum adalah pernapasan.

Seperti yang diketahui, udara perkotaan seperti jakarta ini mengandung serbuk sari, bakteri, jamur, polutan dari asap rokok dan knalpot mobil yang mengintai untuk masuk kedalam rumah. Polutan-polutan ini melekat pada tubuh anda dari luar rumah, dan dengan mudahnya anda persilahkan masuk. Kemudian saat anda berbaring, debu dan partikel lain diatas tersebut menempel pada karpet, menunggu waktu untuk memicu gesekan pada rongga pernapasan atau kulit anda.

Tentu ketika tidak ingin penyakit-penyakit berbahaya itu menjangkit tubuh kita dan orang yang kita sayangi, langkah pembersihan merupakan sebuah awal yang bisa kita mulai. Untuk membersihkan karpet dirumah ternyata tidak serumit yang dibayangkan. Walau memang untuk tiap karpet memiliki pola perawatan yang berbeda-beda. Langkah-langkah untuk melalukan proses pembersihan karpet bisa mulai dengan :

Rajin Membersihkan Karpet Pagi Atau Sore Hari

Pergantian hari merupakan waktu yang krusial bagi kehidupan. Dan diantara jeda pergantian hari itu, sempatkanlah untuk membersihkan karpet-karpet atau permukaan yang terbuat dari bahan disekitar kita. Proses membersihkan ini bisa dilakukan dengan bantuan vacuum cleaner yang kini harganya sudah terjangkau dan berukuran sangat portable dan mudah dibawa kemana-mana.

Ini dia, 3 robot ART yang bisa membantu pekerjaan membersihkan rumah jadi lebih mudah

Pembersihan dengan vacuum cleaner mampu mengangkat debu dan tungau yang hidup di serat bahan karpet disekitar rumah. Ditambah karena kemampuan sedot vacuum, mampu merawat serat bahan tetap prima, tidak seperti membersihkan karpet dengan cara disikat.

Gunakan air hangat untuk mencegah bau apek

Karpet kadang bisa menjadi apek jika tidak cepat dikeringkan, apalagi ketika ada sebuah cairan yang tak sengaja tertumpah diatas permukaan karpet dan butuh segera penanganan. Untuk mencegah bau apek, anda bisa menggunakan air panas dan menyiramnya pada bagian yang terkena noda atau tumpahan tadi. Lalu seka dengan menggunakan lap kering untuk menyerap basahannya.

Sempatkan untuk mencuci dengan bantuan air setidaknya sebulan dua kali

Dalam kurun waktu satu bulan, sempatkan juga untuk membasuh karpet yang ada disekitar rumah kita dengan bantuan air, lalu jemur dibawah sinah matahari. Sinar ultraviolet terbukti mampu membunuh protozoa dan fungi yang bersarang pada serat-serat karpet.

Jangan lupa menambahkan pelembut pada larutan air yang digunakan untuk membersihkan karpet kita. Usahakan semprot dengan bantuan pompa air bertekanan. Karena penyemprotan dengan bantuan pompa ini mampu melepaskan debu dan kotoran yang melekat, terutama jika ada noda yang cukup membandel pada permukaan karpet.

Jika tidak sempat membersihkan, kini sudah banyak jasa cuci karpet yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan seluruh karpet dirumah kita dengan harga yang relatif terjangkau untuk satu kali jasanya.

Leave a comment